Friday, April 10, 2015

Berakhirnya Orde Baru dan Lahirnya Orde Reformasi.

loading...

Peristiwa Berakhirnya Orde Baru

 

berakhirnya orde baru dan lahirnya reformasi
sumber gambar : tuliskan.com

Tanggal 21 Mei 1998 merupakan hari bersejarah bagi Pak Harto dab Bangsa Indonesia. Rezim orde baru  sejak tahun 1968 dan berkibar Selma 30 tahun berkat tangani dingin Pak Harto akhirnya runtuh. Sejarah mencatat peran mahasiswa dalam menyelamatkan bangsa dan memaksa penguasa orde baru turun dari kursi istana Negara. Kemudian lembaran sejarah berganti kea rah reformasi kehidupan nasional.

Gerakan Reformasi Dan Jatuhnya Orde Baru


Pada masa orde baru rakyat terperdaya dengan gambaran fisik, seolah-olah Indonesia berhasil dalam pembanguna nasional apalagi dengan berpendapatan perkapita Indonesia Tahun 1960 – 1970 an sekitar 70 dolar Amerika Serikat sampai Juni 1997 telah menjadi US$ 1.185 itu merupakan peningkatan luar biasa, tetapi sebenarnya fondasi ekonomi Indonesia sudah keropos dengan diperparah korupsi, kolusi dan nepotisme yang luar biasa dan akhirnya tahun 1997 Indonesia Krisis moneter, nilai rupiah merosot dan dolar menyentuh Rp.15.000 per dolar.

Faktor Penyebab Munculnya Tuntutan Reformasi


Akar permsalah yang menyebabkan runtuhnya Orde Baru bersumber dari penyalahgunaan kekuasaan dan penympangan berkesinambungan sejak masa demokrasi terpimpin alah Presiden Soekarno. Bung Karno dan Pak Harto menerapkan adagium opilitik seperti yang disebut oleh sejarawan Lord Acton, bahwa “power tends to corrupt and absolute power corrupts absolutely” Partik penyalahagunaan dan kekuasaan tersebut dipermudah.

Hakikat Pemilu untuk menegakan kedaulatan rakyat, melaksanakan pergantian pemerintahan dan melaksanakan keabsahan pemerintahan, namun yang terjadi selama Presiden Soeharto  Pemilu tidak pernah mengganti Kepala Negara dan justru menegakkan kedaulatan penguasa.

Krisis Multidmensi di Masa Orde Baru


Soeharto terperangkap dengan kebijaksanaannya sendiri dan terjerumus ketika memperilahkan anak-anaknya berbisnis. Akibatnya satu per satu sektor ekonomi yang sebelumnya mengindikasikan keberhasilan pun runtuh.

Kronologis Jatuhnya Pemerintahan Orde Baru


Pada tanggal 10 Maret 1998 Soeharto terpilih kembali untuk masa jabatan lima tahun yang ketujuh dengan menggandeng B.J.Habibie sebagai Wakil Presiden. Namun cabinet yang dibentuk tidak mampu mengatasi krisis yang melanda Indonesia. Bulan Mei 1998 merupakan masa kelabu bagi Bangsa Indonesia, serangkaian demontrasi dan penjarahan terjadi di berbagai daerah.

Pada tanggal 18 Mei 1998 Ketua MPR Harmoho menyarankan agar Pak Harto mengundurkan diri. Gelombang demonstrasi mahasiswa pun semakin besar, gedung MPR/DPR diduduki ratusan ribu mahasiswa dan kondisi politik semakin panas.

Pada tanggal 20 Mei 1998 empaqt belas menteri anggota Kabinet Pembangunan VII mengundurkan diri atas tawaran Soeharto untuk memimpin reformasi tidak memperoleh tanggapan dan akhirnya Soeharto mundur dari Jabatan pada tanggal 21 Mei 1998 dan digantikan B.J.Habibie.

loading...
Berakhirnya Orde Baru dan Lahirnya Orde Reformasi. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush