Monday, October 12, 2015

Asal-Usul Penduduk Indonesia Menurut Para Ahli

loading...


Sebagai orang Indonesia, apakah kita mengetahui asal-usul penduduk Indonesia ? Tidak  mudah untuk mengetahui keadan kehidupan awal masyarakat Indonesia. Banyak ahli yang memberikan teori mengenai kehidupan awal penduduk indonesia. Bebrapa pendapat mengenai asal-usul bangsa indonesia antara lain adalah :

Asal-usul penduduk Indonesia menurut Dr. H. Kern, bahwa penduduk Indonesia berasal dari Asia. Teorinya ini berdasarkan perbadingan bahasa. Alasannya adalah karena bahasa-bahasa yang dipakai di kepulauan Indonesia, Polinesia, Melanesia dan Micronesia berasal dari akar bahasa yang sama, yaitu bahasa Austronesia.
Menurut van Heine Golderen, asal-usul penduduk Indonesia befrasal dari daerah Asia. Pendapatnya ini dibuktikan oleh kesamaan artefak prasejarah yang ditemukan di Indonesia dengan artefak prasejarah di daratan Asia.
Asal-usul masyarakat Indonesia menurut Hogen, menyatakan bahwa bangsa yang mendiami pesisir Melayu berasal dari Sumatera. Bangsa ini bercampur dengan bangsa Mongol yang kemudian disebut bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu. Bangsa Proto Melayu menyebar di wilayah Indonesia sekitar tahun 3000 SM – 1500 SM. Sedangkan bangsa Deutro Melayu menyebar di wilayah Indonesia sekitar tahun 1500 SM – 500 SM.
asal-usul penduduk indonesia

Drs. Mohammad Ali menyatakan bahwa pada awalnya bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan. Pernyataan ini dipengaruhi oleh pendapat yang  menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Mongol. Karena terdesak oleh bangsa-bangsa yang lebih kuat, kemudian mereka menyebar ke arah selatan hingga ke Indonesia. kedatangan mereka terjadi secara bergelombang. Gelombang pertama terjadi pada tahun 3000 SM-150 SM dan gelombang kedua terjadi dari tahun 1500 SM- 500 SM. Gelombang pertama berkebudayaan neolitikum dengan jenis perahu bercadik satu dan geombang kedua menggunakan perahu bercadik dua.
Menurut N.J. Kroom, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Cina tengah. Mereka menyebar ke wilayah Indonesia sekitar tahun 2000 SM sampai tahun 1500 SM.
Menurut Dr. Brandes, asal-usul penduduk yang mendiami Kepulauan Indonesia memiliki banyak persamaan dengan bangsa-bangsa yang terletak pada daerah yang membentang dari  sebelah utara Pulau Formosa, sebelah barat daerah Madagaskar, sebelah selatan yaitu Jawa dan Bali, dan sebelah timur sampai ke tepi pantai barat  Amerika. Penelitian ini dilakukan oleh Brandess melalui perbandingan bahasa.
Prof. Dr. Mohammad Yamin berpendapat bahwa asal-usul penduduk Indonesia berasal dai daerah Indonesia sendiri. Bahkan bangsa-bangsa lain yang berada di Asia berasal dari Indonesia. hal ini didasarkan pada peneman fosil dan artefak tertua yang lebih banyak dan lebih lengkap ditemukan di wilayah Indonesia.
Dalam perkembangan  selanjutnya, berbagai bangsa yang mendiami Kepulauan Nusantara telah membentuk komunitas tersendiri sehingga mendapat sebutan tersendiri seperti suku Aceh, Suku Dayak, Suku Buton, Suku Jawa, Suku Bugis, dan sebagainya.
Kesimpulan mengenai asal-usul penduduk Indonesia berdasarkan teori yang dikemukakan tersebut adalah :
  1. Penduduk yang mendiamu Kepulauan  Nusantara dipetrkirakan berasal dari daratan Asia ( Yunan Selatan ). Dari daerah Yunan inilah mereka menyebar ke selatan hingga sampai ke Kepulauan Nusantara.
  2. Bangsa yang mendiami Kepulauan Nusantara berasal dari wilayah Indonesia itu sendiri. Pendapat ini didukung oleh penemuan artefak tertua di wilayah Indonesia. masyarakat awal Indonesia berasal dari daerah Indonesia sendiri yang kemudian menyebar ke ke daerah Asia lainnya.
Demikianlah penjelasan mengenai asal-usul penduduk Indonesia yang dikemukakan oleh para ahli. Semoga bermanfaat.    

loading...
Asal-Usul Penduduk Indonesia Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush