Thursday, October 8, 2015

Cara Penyebaran Islam di Indonesia

loading...


Proses masuknya agama Islam di Indonesia berjalan dengan lancar. hal ini terbukti dari wilayah persebarannya yang sangat luas. Cara penyebaran agama Islam di Indonesia dilakukan dengan cara baik tanpa adanya peperangan. Penyebab mudahnya agama Islam berkembang di Indonesia adalah :
  1. Syarat-syarat masukn agama Islam sangat mudah, hanya dengan mengucapkan dua kalimat syahadat.
  2. Upacara-upacara dalam agama Islam sangat sederhana bila dibandingkan dengan agama Hindu dan Budha.
  3. Agama Islam tidak mengenal sistem kasta dan menganggap semua manusia mempunyai kedudukan yang sama di hadapan Allah.
  4. Agama Islam menyebar di Indonesia disesuaikan dengan adat dan tradisi bangsa Indonesia.
  5. Agama Islam disebarkan dengan damai, tanpa adanya jalan kekerasan.
  6. Faktor politik ikut mempelancar penyebaran agama Islam di Indonesia yaitu keruntuhan kerajaan Sriwijaya dan Majapahit sebagai kerajaan Budha dan Hindu di Indonesia

cara penyebaran islam di indonesia
sumber gambar : shaffaizahira.blogspot.com
Seperti kita ketahui, bahwa proses masuknya Islam ke Indonesia sangat mudah salah satunya disebabkan karena cara penyebaran Islam di Indonesia dilakukan dengan jalan damai. Berikut  ini beberapa cara penyebaran agama Islam di Indonesia.

1. Penyebaran Islam di Indonesia dengan perdagangan


Perdagangan merupakan salah satu cara utama dan memegang peranan penting dalam proses masuknya agama Islam di Indonesia. Perdagangan memungkinkan persebaran pengaruh Islam di Indonesia tersebar secara luas, mulai dari pesisir hingga ke pedalaman. Yang paling penting untuk kita ketahui, para pedangang yang menyebarkan agama Islam di Indonesia adalah para pedagang yang berasal dari Arab, Persia dan Gujarat (India)

2.    Proses masuknya Islam di Indonesia dengan Cara perkawinan


Bagi kalangan masyarakat setempat, pedagang muslim mancanegara dianggap sebagai kalangan terpandang, baik kekayaan maupun penetahuannya. Kedudukan inilah yang menarik penguasa pribumi, bangsawan untuk menikahkan anak gadisnya dengan para pedagang itu. Sebelum menikah, sang anak gadis masuk Islam terlebih dahulu.

3.    Masuknya Islam dengan cara pendidikan


Penyebaran agama Islam dengan cara pendidikan dilakukan setelah masyarakat muslim pribumi terbentuk. Pendidikan diselenggarakan oleh para guru agama, kiai, dan ulama.  Tokoh islan yang mendirikan pesantren antara lain Raden Rahmat di Ampel, dekat Surabaya dan Raden Paku di Giri. Beberapa lulusan Giri diundang untuk menyebarkan agama Islam di Maluku.

4.    Penyebaran Islam melalui politik


Penyebaran agama Islam melalui politik dilakukan oleh penguasa, baik dalam lingkup kecil maupun lingkup besar. Mereka mempunyai pengaruh dan berwibawa dan menjadi panutan rakyat. Itulah sebabnya tindakan penguasa masuk Islam segera diikuti oleh rakyatnya. Penyebaran Islam secara politik juga dilakukan sejalan dengan perkembangan kerajaan-kerajaan Islam.


5.    Penyebaran Islam di Indonesia dengan kesenian


Pertujukan wayang merupakan salah satu sarana kesenian yang digunakan untuk menyebarkan agama Islam di Indonesia. Tokoh yang termashur yang mahir menentaskan wayang adalah Sunan Kalijaga. Kisah yang dioentaskan dikutip dari Mahabarata ataupun Ramayana. Namun selama pementasan, disisipkan ajaran dan nilai-nilai Islam. Selesai pertunjukan, sang dalang tidak meminta upah melainkan mengajak para penonton mengikutinya dengan mengucapkan dua kalimat syahadat.

Demikianlah penjelasan mengenai cara-cara penyebaran agama Islam di Indonesia. semoga bermanfaat untuk kita semua.

loading...
Cara Penyebaran Islam di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush