Thursday, October 8, 2015

Kerajaan Majapahit : Sumber Sejarah dan Keruntuhan Kerajaan Majapahit

loading...



Sejarah berdirinya Kerajaan Majapahit


Kerajaan Majapahit berdiri pada tahun 1293 M. Munculnya kerajaan Majapahit berkaitan erat hubungannya dengan keruntuhan Kerajaan Singosari. Tokoh yang berperan dalam berdirinya Kerajaan Majapahit adalah Raden Wijaya, cucu dari Mahisa Campaka. Atas anjuran Arya Wiraraja, Raden Wijaya menyerahkan diri kepada Jayakatwang. Tindakan itu merupakan strategi untuk mencari saat yang tepat melakukan serangan balasan.

Berkat jaminan Bupati Sumenep, Raden Wijaya dan kawan-kawan diterima di Kadiri. Bahkan selanjutnya ia diperbolehkan membuka hutan Tarik (sekarang Trowulan) untuk dijadikan desa. Di desa inilah persiapan untuk menggulingkan Jayakatwang dilakukan. Desa itu pula yang mengawali berdirinya kerajaan Majapahit.

runtuhnya kerajaan majapahit
sumber gambar : artikelbandem.blogspot.com
Raden Wijaya berhasil mengajak pasukan Mongol untuk menyerang Kadiri, kedatangan pasukan Mongol pada awalnya adalah untuk menghancurkan Singsosari. Namun saat pasukan mendarat di Tuban, Singasari telah hancur. 

Pasukan gabungan Raden Wijaya dan Mongol berhasil berhasil merebut Kadiri. Kemudian, kembali dengan tipu muslihat, pasukan Raden Wijaya berhasil  mengusir pasukan Mongol. Saat berpesta pora, pasukan Raden Wijaya melakukan serangan mendadak.

Dengan kehancuran Kadiri dan kepergian pasukan Mongol, terjadi kekosongan kekuasaan di Jawa Timur. Kesempatan itu dimanfaatkan oleh Raden Wijaya untuk mendirikan kerajaan  baru yang akan disegani di kemudian hari, yaitu Kerajaan Majapahit.
Nama kerajaan Majapahit sendiri berasal dari nama buah Maja,yang memiliki rasa yang pahit. Pada saat itu salah seorang dari anggota pasukan Raden Wijaya  tidak sengaja memakan buah Maja yang ternyata memiliki rasa yang pahit.

Sumber Sejarah Kerajaan Majapahit


Berita mengenai kerajaan majapaht berasal dari berbagai sumber. Berikut ini adalah sumber-sumber kerajaan Majapahit :
  1. Prasasti Butlak, yang mengisahkan peristiwa keruntuhan Singasari dan perjuangan Raden Wwijaya untuk mendirikan Kerajaan Majapahit. Prasasti ini menegaskan keterkaitan antara Singasari dan Majapahit.
  2. Kidung Harsawijaya dan Kidung Panji Wijayakrama yang mengisahkan perjuangan Raden Wijaya Melawan Kadiri dan tahun-tahun awal perkembangan Kerajaan Majapahit.
  3. Kitab Pararaton, yang menceritakan pemerintahan raja-raja Singasari dan Majapahit.
  4. Kitab Negarakartagama, yang menceritakan keadaan Majapahit terutama masa pemerintahan Hayam Wuruk.
  5. Berbagai peninggalan berupa bangunan candi dan reruntuhan istana di Trowulan.

Keruntuhan Kerajaan Majapahit


Sejak abad ke 14 Masehi, kerajaan Majapahit mengalami kemundurran. Kemunduran inilah yang menyebabkan runtuhnya kerajaan Majapahit. Penyebab keruntuhan Kerajaan Majapahit antara lain sebagai berikut :
  • Tidak adanya pemimpin yang cakap pasca meninggalnya Rajasanegara dan Gajah Mada. Para penguasa Majapahit selanjutnya seperti Wikramawardhana dan Suhita tidak mampe secara tegas  menindak pembangkangan Bhre Wirabhumi dari Blambangan. Akibatnya timbul sengketa keluarga yang berlarut-larut.
  • Keruntuhan kerajaan Majapahit tidak terlepas dari meletusnya perang saudara yang berlangsung selama 5 tahun atau yang kita kenal dengan nama perang paregreg. Walaupun perang ini dimenangkan oleh Majapahit,  persengketaan keluarga tidak kunjung selesai. Setelah Suhita wafat, tahta Kerajaan Majapahit direbut oleh adiknya, Bhre Tumapel. Kemudian ibu kota Kerajaan Maja[ahit dipindahkan ke Kahuripan pada masa pemerintahan Rajasawardhana.
  • Terjadinya kekosongan kekuasaan sepeninggal Rajasawardhana menyebabkan Kerajaan Majapahit tidak mampu mengendalikan wilayah bawahan.
  • Munculnya Kerajaan Islam Demak dan Malaka yang mengambil alih pusat perdagangan di Indonesia.
Peristiwa keruntuhan Kerajaan Majapahit ditandai dengan serangan pasukan Ranawijaya ke Majapahit yang pada waktu itu direbut oleh Bhre Kertabumi. Majapahit dapat direbut. Peristiwa itu diperingati dalam suatu candra sengkala (semacam  kalimat sandi) : sirnaila-kertaning-bhumi, yang berarti 1400 saka ( sama dengan 1476 M ), berarti pada tahun inilah Majapahit runtuh.
Sebetulnya, masih ada penguasa Majapahit sampai abad ke-16 M, namun kerajaan Majapahit saat itu sudah tidak memiliki pengaruh lagi. Barulah pada abad ke-16 M itu hancur sama sekali oleh serangan pasukan Demak yang dipimpin oleh Adipati Unus.

loading...
Kerajaan Majapahit : Sumber Sejarah dan Keruntuhan Kerajaan Majapahit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush