Wednesday, November 11, 2015

Sejarah Kerajaan Kutai

loading...


Kerajaan Kutai adalah kerajaan tertua dan kerajaan pertama di Indonesia. kerajan kutai terletak di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Di daerah setempat, Kerajaan Kutai lebih dikenal dengan nama Kutai Martapura atau Kutai Mulawarman. Kerajaan Kutai memiliki wilayah yang sangat luas, bahkan mencakup sebagian besar pulau Kalimantan. Kerajaan Kutai dianggap sebagai kerajaan tertua karena peninggalan kerajaan kutai berupa Yupa  yang berangka sekitar tahun 400 Masehi.
 
Di tempat berdirinya kerajaan Kutai ditemukan 7 batu bersurat atau prasasti berbentuk yupa. Yupa adalah tugu batu peringatan upacara kurban. Tugu itu biasanya digunakan sebagai tiang tempat menambatkan hewan kurban.
 
Jenis huruf yang tertera pada yupa adalah huruf pallawa. Sedangkan bahasa yang digunakan adalah bahasa Sansekerta. Seperti kita ketahui, kedua huruf dan bahasa tersebut berasal dari India. Berarti, yupa Kutai merupakan bukti tertulis pertama yang menunjukkan pengaruh Hindu di Indonesia.
 
Karena yupa-yupa itu tidak berangka tahun, maka penentuan umurnya berdasarkan bentuk tulisan yang dipakai. Berdasarkan bentuk tulisan, diperkirakan bahwa prasasti-prasasti tersebut berasal dari abad ke-5 M.
 
Ada sejumlah informasi yang dapat diketahui dari prasasti-prasasti peninggalan kerajaan Kutai, yaitu :
  • Raja pertama yang memerintah Kutai bernama Kudungga. Nama itu jelas bukan nama Hindu melainkan nama asli Indonesia.
  • Raja Kudungga memiliki putera bernama Aswawarman. Dalam salah satu prasasti, Aswawarman disebut sebagai vamsakarta, artinya pembentuk keluarga (dinasti). Berdasarkan nama dan gelar yang disandangnya, Kerajaan Kutai yang becorak Hindu berawal dari pemerintahan Aswawarman.
  • Raja Asawawarman mempunyai tiga orang putera, yang terkenal diantaranya adalah Mulawarman.
  • Raja Mulawarman disebutkan sebagai raja besar yang sangat mulia dan baik budinya. Kebaikan hati raja itu diwujudkan dalam pemberian hadiah atau sedekah yang berlimpah. Untuk menghormati kemurahan hati raja itulah, para brahmana mendirikan yupa.
  • Besarnya hadiah Mulawarman tersebut tercantum di dalam yupa. Dikatakan, sang raja yang mulian dan terkemuka ini telah memberikan sedekah 20.000 ekor sapi. Dari keterangan itulah diketahui bahwa pada masa pemerintahan Raja Mulawarman, Kerajaan Kutai adalah kerajaan yang kaya dan makmur. 
Kudungga adalah raja pertama yang berkuasa di kerajaan Kutai. Kudungga masih merupakan nama asli Indonesia, karena pada saat itu budaya hindu belum kuat mempengaruhi kehidupan di kerajaan Kutai. Namun, pengganti Kudungga yaitu Aswawarman dan Mulawarman telah menggunakan nama India. Dengan demikian, Kudungga masih berperan seperti seorang kepala suku, bukan raja. Baru setelah pengaruh Hindu masuk, Kutai berubah menjadi Kerajaan.
 
sejarah kerajaan kutai
Raja Kudungga kemudian digantikan oleh Aswawarman. Dalam yupa dijelaskan bahwa Aswawarman adalah raja yang cakap dan kuat. Aswawarman juga disebut-sebut sebagai pembuat wangsakerta atau pembuat dinasti Kerajaan Kutai.
 
Pada masa pemerintahan Aswawarman, wilayah Kerajaan Kutai lebih diperluas. Hal ini terlihat dari adanya upacara aswamedha yang dilakukan oleh Raja Aswawarman. Upacara ini pernah dilakukan oleh Raja Samudragupta di India, ketika akan memperluas wilayah kekuasaannya. Dalam upacara itu, dilaksanakan  upacara pelepasan kuda, dengan tujuan menentukan batas-batas kerajaan Kutai. Sampai di mana ditemukan tapak kaki kuda, maka sampai itulah batas kerajaan Kutai. Pelepasan kuda itu diikuti oleh prajurit-prajurit Kerajaan Kutai.
 
Setelah Aswawarman, Kerajaan Kutai dipimpin oleh Mulawarman. Raja Mulawarman dianggap sebagai raja terbesar kerajaan Kutai. Pada masa pemerintahannya Kutai mengalami masa gemilang dan rakyat hidup tentram dan sejahtera. Hal itu diketahui dari prasasti yang berbunyi :
 
“ dengarkanlah oleh kamu sekalian tentang kebaikan budi sang Mulawarman, raja besar yang sangat mulia. Kebaikan budinya berwujud sedekah banyak sekali, seolah-olah sedekah kehidupan atau semata-mata pohon kalpa (yang memberi segala keinginan) dengan sedekah tanah (yang dihadiahkan). Berhubung dengan semua kebaikan itulah, yupa ini didirikan oleh para brahmana"

Selain itu, dalam prasasti Yupa juga ditemukan tentang hadiah Mulawarman kepada Brahmana berupa 20.000 ekor sapi. Dari prasasti-prasasti yang ditemukan, diketahui bahwa pada abad ke-4 Masehi di daerah Kutai terdapat suatu masyarakat Indonesia yang telah menerima pengaruh Hindu.
 
Masyarakat di wilayah Kerajaan Kutai telah dapat mendirikan suatu kerajaan yang teratur menurut pola pemerintahan di India. Meskipun demikian, masyarakat Indonesia tetap mengembangkan kebudayaannya sesuai dengan tradisi bangsa Indonesia sendiri.
 
Sampai saat ini, belum ditemukan lagi bukti-bukti lain mengenai Kerajaan Kutai. Semoga tulisan ini bisa memberikan kita wawasan baru mengenai sejarah kerajaan Kutai dan raja-raja Kerajaan Kutai.

loading...
Sejarah Kerajaan Kutai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush